Komponen GOKART dibagi menjadi beberapa bagian antara lain :
- Rangka
- As Depan
- As Belakang
- Roda Depan
- Roda Belakang
- Tirod
- Kemudi
- Mesin
- Puli atau Gir
- Rem
- Kontrol Rem
- Kontrol percepatan
RANGKA
Rangka
terbuat dari besi siku berlubang, digunakan yang berlubang agar mudah
untuk menyambung dan menyesuaikan posisi tanpa harus menggunakan Las,
tetapi tentu saja dari sisi kekuatan relatif agak kurang dibanding
dengan menggunakan besi siku atau pipa besi yang di Las (kebetulan saya tidak memiliki mesin Las).
Jumlah besi siku berlubang yang dibutuhkan 3 sampai 4 lonjor (masing-masing 4m).
Selanjutnya siapkan 2 lonjor besi siku berlubang dan masing-masing dipotong menjadi 3 bagian dengan ukuran :
160 cm x 2 buah x 2 = 4 buah
60 cm x 1 buah x 2 = 2 buah
1 lonjor besi siku berlubang yang lain dipotong menjadi beberapa bagian dengan ukuran :
60 cm x 3 buah
30 cm x 2 buah
70 cm x 1 buah
As Depan
Bahan yang digunakan :
• Plat besi ukuran 20 cm x 6 cm x 0.4 cm sebanyak 2 buah
• Pipa ledeng ukuran 3/4 dim x 70 cm sebanyak 1 buah.
Plat besi ditekuk dan dilubangi seperti gambar dibawah ini :
Tirod
Bahan yang digunakan :
- Pipa besi model ``T`` ukuran 3/4 dim sebanyak 2 buah
- Poros belakang sepeda mini lengkap dengan rumah gotri (peluru) dan gotrinya sebanyak 2 buah
- Skrup (Mur - Baut) dengan diameter sesuai dengan poros roda depan sebanyak 2 buah
- Tangkai besi yang dapat berfungsi seperti engsel (saya menggunakan kunci busi yang kemudian dipotong) sebanyak 2 buah
- Tracker kecil yang bisa diatur agar nantinya kemiringan roda depan dapat diatur sebanyak 2 buah
- Besi siku berlubang penghubung tirod kiri dan kanan sebanyak 1 buah
As Belakang
Bahan yang digunakan :
- As Becak
- Bos Becak
- Puli dari logam atau gigi (gir) sepeda motor
- Rem tromol sepeda atau disk brake sepeda motor
Perakitan
As belakang relatif mudah karena menggunakan komponen yang siap pakai
yaitu menggunakan As becak lengkap dengan bos, laker dan bautnya.
Penambahan
yang perl dilakukan hanya memasang puli dan rem tromol pada
masing-masing bos becak (kiri / kanan) menggunakan Las atau dibaut.
Roda
Untuk
roda depan menggunakan ban dan velg khusus (ada di AJBS) sedangkan
untuk roda belakang menggunakan ban dan velg vespa ukuran 8``
(Bila kesulitan bisa semuanya menggunakan ban dan velg vespa 8``)
Stir / Kemudi
Untuk
kemudi disini menggunakan garpu sepeda mini dipadukan dengan batang
besi bulat yang sudah dilengkapi dengan baut. Agar putaran kemudi ringan
perlu ditambahkan mangkok gotri diujung pipa (atas/ bawah).
Lingkaran kemudi menggunakan stir racing 10``
Kontrol Rem dan Percepatan
Untuk
Kontrol Rem dan Percepatan disini menggunakan stang dan rem sepeda mini
yang dipasang terbalik. Agar lebih yaman untuk pijakan bisa ditambahkan
plat besi atau multiplek dengan diberi engsel pada rangka sehingga
stabil (tidak bergeser).
Mesin